Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di desa-desa.

Salah satunya adalah dilakukan dengan meningkatkan kerja sama dengan pihak swasta dan perbankan. Kali ini, kerja sama dijalin antara Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang merupakan pembina Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan Lion Parcel. Bank yang termasuk dalam Himbara antara lain BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Himbara sepakat untuk mengembangkan BUMDes dalam mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi desa.

“Kerja sama BUMDes ini selain menambah pendapatan dan nilai ekonomi, juga nilai tambah produk di desa. Beberapa waktu lalu Kemendes PDTT mengadakan pameran BUMDes di Malaysia, BUMDes bisa pro aktif langsung ke sentra-sentra produksi di desa,” ujar Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo, saat acara pembukaan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) angkatan 16 dan 17 di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta, Jumat 25 Mei 2018, seperti ditulis Sabtu (26/5/2018).

Eko menambahkan, kerja sama dengan Lion Parcel akan sangat berguna dalam mengakselerasi transaksi produk unggulan desa melalui E-Commerce dari BRI dan BNI. Ia mencontohkan, ke depan konsumen bisa membeli alpukat langsung dari desa secara online.

“Kalau model ini jadi, masyarakat desa tidak akan menganggur dan berpenghasilan di atas 2 juta. Ini tentu akan menguntungkan petani,” tambah dia.

Dia menuturkan, banyak BUMDes yang sukses tidak terlepas dari manajemen pelatihan dan pendampingan.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com